Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Google Meluncurkan Pembaruan Algoritma Spam Oktober 2022

Senin, 31 Oktober 2022 | Oktober 31, 2022 WIB Last Updated 2023-01-01T05:15:14Z
    Share
Pembaruan Algoritma Google: Peluncuran Pembaruan Spam Oktober 2022

Google telah mengkonfirmasi bahwa pembaruan algoritme yang ditargetkan untuk memerangi spam diluncurkan ke hasil pencarian di seluruh dunia dan dalam semua bahasa. Menurut Google, pembaruan spam Oktober 2022 akan memakan waktu cukup lama untuk diluncurkan sepenuhnya. (Cukup jelas karena butuh 11 bulan persiapan Google untuk meluncurkannya.


Untuk memastikan kualitas hasil mesin pencarinya, Google secara rutin merilis pembaruan spam. Namun, detail pasti dari pembaruan ini jarang dipublikasikan, kecuali jika menargetkan jenis spam tertentu, seperti pembaruan spam tautan pada Agustus 2021.

Pembaruan Algoritma Google: Peluncuran Pembaruan Spam Oktober 2022

Google dengan jelas mendefinisikan apa yang dianggapnya sebagai spam, yang melibatkan menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi atau memasang malware di komputer mereka. Pembaruan spam membantu mengidentifikasi penipuan phishing dan situs palsu lainnya yang mencoba memberi peringkat dalam hasil pencarian dengan menyamar sebagai halaman yang relevan.


Meskipun beberapa orang mungkin menganggap halaman web tipis sebagai spam, mereka tidak memenuhi definisi spam Google. Konten tipis lebih mungkin terkena algoritme konten bermanfaat Google. Peretas bahkan dapat menyusupi situs yang mengikuti Google Search Essentials. Jika sebuah situs tidak diamankan secara memadai, situs tersebut dapat secara tidak sadar menyajikan spam kepada pengguna.


Jika Anda mengamati penurunan peringkat setelah pembaruan spam Oktober 2022, Anda harus memeriksa keamanan situs Anda dan mencari tanda-tanda kemungkinan serangan. Umumnya, ketika Google membuka situs dengan pembaruan spam, kontennya akan diturunkan dalam hasil pencarian atau dideindeks dari Google.


Jika pembaruan spam telah masuk ke situs web Anda, Google mengatakan perlu waktu berbulan-bulan untuk pulih, asalkan Anda bersedia melakukan perubahan yang diperlukan untuk mematuhi kebijakan spam Google.


Peluncuran Pembaruan Algoritma Inti September 2022 Selesai (26 September 2022)

Google meresmikan bahwa peluncuran pembaruan algoritma inti September 2022 sudah selesai sekarang.


Dimulai pada 12 September, hanya tiga hari setelah Pembaruan Konten Bermanfaat Google selesai diluncurkan, pembaruan inti September 2022 membutuhkan waktu dua minggu untuk ditayangkan sepenuhnya.


Ini adalah pembaruan inti kedua tahun ini setelah pembaruan algoritma inti Mei 2022.


Namun, dalam hal dampak, komunitas SEO mengklaim bahwa pembaruan ini cukup cepat untuk dicapai tetapi kurang berdampak daripada pembaruan inti sebelumnya.


Meskipun pembaruan ini tidak memberikan dampak besar, mungkin ada situs yang terpengaruh setelah pembaruan inti ini.


Jika situs Anda adalah salah satunya, yang harus Anda lakukan adalah melihat lebih dekat apa yang dikatakan Google tentang pembaruan intinya dan melakukan perbaikan di situs Anda.


Itu akan sangat membantu Anda memulihkan situs Anda, terutama karena sarannya datang langsung dari mulut kuda.


Peluncuran Pembaruan Ulasan Produk September 2022 Selesai (26 September 2022)

Google mengonfirmasi penyelesaian peluncuran Pembaruan Ulasan Produk September 2022 pada 26 September 2022.

Berita itu muncul setelah raksasa mesin pencari itu diam-diam memperbarui hal yang sama di halaman pembaruan peringkat Google Search -nya .


Diluncurkan pada 20 September, pembaruan Ulasan Produk September 2022 sekarang sepenuhnya ditayangkan dalam waktu beberapa minggu.


Juga, perlu dicatat bahwa Google mengumumkan penyelesaian peluncuran Pembaruan Ulasan Produk ini pada hari yang sama ketika mengumumkan bahwa pembaruan algoritma inti September 2022 selesai diluncurkan.


Karena itu, pemilik situs web dan SEO sekarang memiliki dua pembaruan algoritme baru untuk dilihat jika mereka melihat perubahan signifikan dalam peringkat pencarian Google situs mereka.


Jika situs Anda tidak berbasis ulasan, Anda hanya perlu memperhatikan pembaruan inti. Di sisi lain, jika Anda adalah seseorang yang menjalankan situs web yang menampilkan ulasan produk, Anda harus memberikan perhatian yang sama pada kedua pembaruan untuk memperbaiki hal-hal untuk situs Anda.


Seperti yang dinyatakan oleh Google John Mueller, Dengan pembaruan inti, kami tidak terlalu fokus hanya pada masalah individu, melainkan relevansi situs web secara keseluruhan.


Jadi, pembaruan inti menargetkan semua situs sementara pembaruan Ulasan Produk secara khusus menargetkan situs ulasan produk. Itu juga berlaku untuk pembaruan Google September 2022.


Pastikan Anda mengikuti Pedoman Google dengan mengingat sifat situs web Anda.


Pembaruan Ulasan Produk September 2022 Diluncurkan (20 September 2022)

Google mengumumkan peluncuran Pembaruan Ulasan Produk September 2022 pada 20 September 2022.


Ini adalah pembaruan algoritma kelima dalam serangkaian pembaruan yang berfokus pada situs ulasan.


Setelah dirilis pada 20 September 2022, pembaruan ini diharapkan selesai diluncurkan dalam seminggu.


pusat pencarian google

Sementara Google menyebutkan pembaruan ulasan produk yang tiba pada bulan Agustus, pembaruan ini tiba agak terlambat setelah rilis Pembaruan Algoritma Inti September Google.


Yang mengatakan, jika Anda melihat fluktuasi peringkat situs Anda dalam waktu dekat, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu karena pembaruan inti atau pembaruan ulasan produk.


Pada dasarnya, Pembaruan Ulasan Produk menargetkan situs yang menerbitkan ulasan produk. Jadi, jika situs Anda menampilkan konten berbasis ulasan, kenaikan atau penurunan peringkat kemungkinan besar terjadi setelah Pembaruan Ulasan Produk September 2022.


Di sisi lain, jika Anda tidak menjalankan situs ulasan tetapi masih melihat fluktuasi posisi SERP Anda dalam waktu dekat, maka Pembaruan Inti September Google mungkin yang mendorong perubahan.


Peluncuran Pembaruan Algoritma Inti Google September Dimulai

Google telah mengkonfirmasi peluncuran Pembaruan Inti September hanya seminggu setelah peluncuran pembaruan Konten Bermanfaat yang banyak digembar-gemborkan.



Rilis pembaruan inti terbaru dari Google bisa memakan waktu hingga 2 minggu untuk diselesaikan, di mana situs web dapat melihat fluktuasi peringkat yang sangat besar.


Seperti di masa lalu, pembaruan inti dimaksudkan untuk mengguncang peringkat SERP, dan situs yang ditemukan Google menawarkan nilai yang lebih baik untuk tujuan pencarian pengguna akan mendapat manfaat dari pembaruan.


Namun, situs yang melihat penurunan peringkat besar-besaran tidak perlu panik. Google menyarankan situs semacam itu untuk mengunjungi kembali konten di dalam halaman yang peringkatnya turun.


Membuat konten yang relevan bagi pengguna adalah satu-satunya cara untuk keluar dari dampak pembaruan inti. Google memiliki halaman khusus tentang apa yang harus diketahui pemilik situs tentang pembaruan inti Google.


Di halaman ini, raksasa mesin pencari dengan jelas menyatakan bahwa penurunan peringkat tidak terjadi karena kualitas tautan atau masalah SEO lainnya. Alih-alih, algoritme Google mungkin telah menemukan situs web lain dengan halaman yang sebelumnya berkinerja buruk meskipun ada upaya luar biasa untuk membuat konten menjadi sangat relevan bagi pengguna.


Dengan mengajukan beberapa pertanyaan mendasar tentang konten Anda, Anda dapat menilai apakah strategi konten Anda selaras dengan rekomendasi Google.


Lima belas pertanyaan kualitas konten untuk ditanyakan jika terkena pembaruan inti Google


  1. Apakah orang sungguhan menulis konten Anda untuk orang sungguhan?
  2. Sudahkah Anda menghabiskan waktu dan upaya untuk menambahkan informasi unik ke konten Anda secara konsisten?
  3. Apakah Anda hanya menyentuh tingkat permukaan topik atau mendalam?
  4. Apa yang Anda miliki dalam konten Anda yang membuatnya lebih baik jika dibandingkan dengan pesaing?
  5. Sudahkah Anda terlalu mengoptimalkan judul, deskripsi, dan konten untuk menarik bot dan bukan pengguna sebenarnya?
  6. Apakah Anda menggunakan strategi clickbait untuk menarik perhatian pengguna?
  7. Apakah konten Anda berpotensi mendapatkan referensi alami (backlink)?
  8. Apakah konten ditulis oleh seseorang yang memiliki keahlian luas di bidangnya?
  9. Apakah Anda fokus pada niche atau menulis tentang apa pun di bawah matahari?
  10. Apakah konten Anda bertentangan dengan fakta yang secara umum terbukti secara ilmiah?
  11. Apakah orang akan kehilangan uang atau nyawa setelah mencoba rekomendasi dalam konten Anda?
  12. Apakah konten mengikuti praktik terbaik tata bahasa?
  13. Apakah itu konten sindikasi?
  14. Apakah konten menyertai elemen pengantara mengganggu yang menyebabkan hambatan pada pengalaman pengguna?
  15. Seberapa bagus pengalaman seluler konten Anda?

Peluncuran Pembaruan Konten Bermanfaat Selesai – 9 September

Google telah mengkonfirmasi bahwa peluncuran Pembaruan Konten Bermanfaat sekarang telah selesai. Pembaruan algoritme terbaru dari Google mulai diluncurkan pada tanggal 25 Agustus dan peluncuran tersebut membutuhkan waktu 15 hari untuk diselesaikan.


Meskipun disebut-sebut atau lebih tepatnya ditakuti membawa fluktuasi besar dalam peringkat SERP, pembaruan tersebut hanya berdampak pada sangat sedikit situs.


Pembaruan diumumkan sebagai sinyal luas situs baru yang dimaksudkan untuk mengklasifikasikan situs web berdasarkan kegunaan konten yang mereka terbitkan.


Google memperingatkan terhadap praktik penerbitan konten AI yang dibuat secara otomatis, konten tingkat permukaan yang tidak menambah nilai dan konten yang didasarkan pada asumsi.


Situs yang terkena pembaruan disarankan untuk mengunjungi kembali konten yang dipublikasikan dan memastikan hanya konten berkualitas tinggi dan relevan yang tersedia untuk dirayapi Google.


Jika Anda adalah penerbit yang menjaga konten tetap unik, berharga bagi pengguna, dan sangat otentik, kemungkinan pembaruan ini akan menjadi keuntungan dan bukan kutukan.


Satu-satunya waktu pembaruan menunjukkan fluktuasi peringkat besar-besaran adalah pada 8 September, hanya sehari sebelum peluncuran selesai.


Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pembaruan konten baru yang bermanfaat, berikut adalah pos terperinci yang dapat membantu Anda memahami sinyal baru sepenuhnya.


Peluncuran Pembaruan Konten Bermanfaat Dimulai

Peluncuran pembaruan konten Bermanfaat dimulai pada 25 Agustus, seperti yang telah diumumkan Google sebelumnya, dan halaman pembaruan peringkat pencarian resmi telah menyertakannya. Meskipun pembaruan diluncurkan pada tanggal 25, Google memperkirakan perlu setidaknya satu atau dua minggu untuk menyelesaikan seluruh peluncuran. 


Tidak ada obrolan langsung tentang fluktuasi peringkat yang signifikan. Namun, Google, selama pra-pengumuman, telah mengkonfirmasi bahwa dampak pembaruan dapat memakan waktu hingga dua bulan untuk direfleksikan. 


Kami juga tahu bahwa konten yang bermanfaat sekarang menjadi sinyal dalam pembaruan inti, yang berarti sinyal tersebut dapat digunakan saat googlebots merayapi halaman web. 


Saya telah melakukan  artikel ekstensif tentang pembaruan konten yang bermanfaat  dan bagaimana pemilik situs web dapat beradaptasi dengan sinyal baru yang telah dimasukkan oleh raksasa pencarian ke dalam algoritmenya. 


Pembaruan Konten Bermanfaat Telah Diumumkan sebelumnya

Google telah mengumumkan pembaruan besar berikutnya! Yang ini adalah Pembaruan Konten Bermanfaat dan akan diluncurkan selama minggu ini.



Meskipun kami tidak yakin tentang jadwalnya, diperkirakan akan memakan waktu satu atau dua minggu untuk menyelesaikan peluncurannya.


Pembaruan ini diharapkan memiliki dampak yang luas karena Google telah mengkonfirmasi bahwa situs web yang gagal memenuhi maksud pencarian pengguna akan melihat penurunan peringkat.


Selain itu, Pembaruan Konten Bermanfaat akan menjadi pembaruan seluruh situs yang berarti situs yang menerbitkan banyak konten yang tidak membantu seperti Ai yang dibuat secara otomatis, disusun ulang, digores, dan konten yang mencakup dasar-dasar yang sudah diketahui orang akan melihat penurunan besar-besaran. karena mereka diklasifikasikan sebagai tidak membantu.


Beberapa SEO berspekulasi ini sebagai pembaruan Panda 2.0 karena dampaknya diperkirakan sama parahnya atau lebih buruk daripada pembaruan Panda pada tahun 2012.


Fokus pembaruan ini adalah memberi peringkat situs web yang menerbitkan konten asli yang ditulis oleh orang sungguhan (bukan Ai) untuk orang sungguhan (bukan untuk googlebots.)


Selain itu, situs web generik yang menulis tentang semua topik di bawah matahari mungkin akan kesulitan untuk menentukan peringkat setelah pembaruan ini. Google dengan tegas menyatakan bahwa pembaruan tersebut akan meningkatkan peringkat untuk situs yang menerbitkan konten yang telah terbukti keahliannya.


Dalam hal keahlian penulis, Google sekali lagi menyarankan bahwa konten yang ditulis oleh orang-orang yang memiliki jejak digital sebelumnya menulis tentang topik tersebut akan melihat peringkat artikel lebih tinggi. Selain itu, kami percaya kesegaran konten juga akan memainkan peran penting.


Itu juga berarti konten yang mendapat peringkat hari ini mungkin kehilangan peringkatnya beberapa bulan kemudian jika mereka gagal memperbaruinya dengan pembaruan tepat waktu yang dapat menambah nilai lebih pada artikel.


Secara keseluruhan, dengan pembaruan yang akan datang ini, Google ingin semua pemilik situs web fokus pada pembuatan konten yang benar-benar membantu pengguna.


Jika Google menemukan cukup bukti interaksi pengguna yang tidak memuaskan dengan konten, situs akan melihat peringkat mereka terpukul.


Kami akan memperbarui Anda dengan informasi lebih lanjut setelah peluncuran dimulai.


Juli 2022 Pembaruan Ulasan Produk Peluncuran Selesai

Diluncurkan pada 27 Juli 2022, Pembaruan Ulasan Produk Google Juli 2022 selesai diluncurkan pada 2 Agustus 2022. Meskipun diperkirakan akan memakan waktu antara dua hingga tiga minggu, berita tentang penyelesaian pembaruan algoritme ini hanya dalam enam hari mengejutkan kepada komunitas SEO.


Meskipun beberapa situs tampaknya telah terpukul lebih keras oleh pembaruan algoritme ini, tidak banyak yang membicarakannya di industri ini.


Seperti yang mungkin Anda ketahui, Google memiliki caranya sendiri dan pembaruan ini adalah cara Google menghargai situs ulasan yang menerbitkan konten yang lebih baik.


Itu juga berarti situs ulasan yang kekurangan konten bernilai tambah cenderung mengalami penurunan peringkat.


Jika Anda menjalankan situs web ulasan, saatnya untuk memeriksa tingkat lalu lintas Anda.


Apakah Anda melihat peningkatan lalu lintas, atau tetap sama? Tetap bekerja dengan baik.


Jika Anda adalah salah satu situs yang terpukul keras setelah pembaruan algoritme ini, pesaing Anda mungkin membuat konten yang lebih baik daripada milik Anda, yang berarti Anda perlu mengubah strategi konten Anda.


Pembaruan Algoritma Ulasan Produk Juli 2022

Google meluncurkan pembaruan algoritme ulasan produk Juli 2022 pada 27 Juli 2022.

Ini adalah pembaruan algoritma keempat dalam serangkaian pembaruan yang menargetkan ulasan produk.


Google turun ke Twitter untuk membuat pengumuman resmi.



Diluncurkan pada 27 Juli 2022, pembaruan algoritme ini akan selesai diluncurkan dalam dua hingga tiga minggu.


Tidak ada pedoman khusus yang disebutkan mengenai pembaruan algoritme ulasan produk Juli 2022 sampai sekarang.


Sebagai perpanjangan dari algoritme ulasan produk Google yang pertama kali diluncurkan pada Maret 2021, pembaruan algoritme ini diharapkan memberi penghargaan kepada situs yang menerbitkan ulasan produk berdasarkan penelitian mendalam daripada situs yang hanya mengulangi informasi yang muncul di situs web produsen.


Jadi, apakah itu berdampak pada semua situs? Tidak


Ini BUKAN pembaruan inti dan, oleh karena itu, tidak berlaku untuk semua situs.


Ini juga TIDAK berlaku untuk situs e-niaga di mana pelanggan dapat menulis ulasan karena mereka tidak dihitung sebagai artikel ulasan lengkap.


Ini hanya berdampak pada situs yang menerbitkan ulasan produk bentuk panjang.


Jadi, jika Anda melihat fluktuasi dalam peringkat pencarian situs web ulasan Anda dalam waktu dekat, itu mungkin karena pembaruan algoritma ulasan produk Juli 2022.


Dari update review produk Google, terlihat bahwa Google memprioritaskan review yang memberikan nilai tambah bagi pengguna.


Mesin pencari menyukai ulasan yang didasarkan pada pengalaman tangan pertama yang dicoba dan diuji daripada ulasan yang dibuat-buat.


Beri tahu Google bahwa Anda memenuhi harapannya dengan menyertakan keunggulan, kekurangan, dan fitur produk yang Anda ulas dan juga membandingkannya dengan produk sejenis lainnya.


Juga, sertakan gambar produk yang Anda ulas.


Peluncuran Pembaruan Algoritma Inti Mei 2022 Selesai (9 Juni 2022)

Dua minggu setelah peluncuran Pembaruan Inti Juni 2022, Google telah mengkonfirmasi pada 9 Juni, bahwa peluncuran selesai.



Penting untuk dicatat bahwa ada fluktuasi besar selama dua minggu ini dan kami telah melihat situs web mendapatkan peringkat, kemudian kehilangannya dalam hitungan hari dan kemudian mendapatkannya kembali.


Sepertinya Google telah melakukan beberapa perubahan besar pada algoritma inti selama pembaruan ini. Jadi, mudah-mudahan, kita tidak akan melihat yang lain selama beberapa bulan lagi. Jari disilangkan.


Pembaruan Algoritma Inti Mei 2022

Google telah mengkonfirmasi peluncuran Pembaruan Algoritma Inti Mei 2022, yang secara efektif berarti musim fluktuasi SERP yang bergejolak telah kembali. Ada banyak obrolan seputar Pembaruan Google Core yang akan datang karena sudah enam bulan sejak terakhir kali kami melihat Google meluncurkannya. Terakhir kali Google meluncurkan pembaruan inti adalah pada November 2021.


Meskipun dua pembaruan ulasan produk mengikuti ini pada bulan Desember dan Maret, dampaknya terbatas pada situs ulasan.


Kami tidak suka menyebarkan kebencian, dan kami melihat pembaruan inti lebih sebagai peluang daripada kutukan. Itu karena, dengan pembaruan inti, Google mencoba membuat lanskap pencarian menjadi lapangan permainan yang setara dengan menaikkan peringkat situs yang telah dilakukan dengan sangat baik selama periode waktu tertentu.


Sementara beberapa situs mendapatkan keuntungan, beberapa situs lain mungkin melihat peringkat mereka diambil alih. Tapi itu menunjukkan perlunya memperbarui konten agar sesuai dengan maksud pengguna baru dan pembaruan di industri tempat mereka berada.


Pembaruan Ulasan Produk Maret 2022

Google telah mengkonfirmasi peluncuran Pembaruan Ulasan Produk Maret 2022, yang ketiga dari serangkaian pembaruan yang dimulai pada tahun 2021 yang bertujuan untuk memberi penghargaan kepada situs web yang menerbitkan ulasan mendalam berdasarkan pengalaman langsung yang sebenarnya.



Tweet resmi Google SearchLiaison berbunyi, Hari ini meluncurkan pembaruan ulasan produk terbaru kami, yang dirancang untuk membantu memastikan ulasan berasal dari orang-orang yang menunjukkan pengetahuan ahli dan penelitian langsung tentang produk.


Menurut Google, ulasan template yang hanya menyentuh pinggiran produk dan layanan bukanlah sesuatu yang menarik minat pengguna. Namun, beberapa ulasan semacam ini telah menemukan posisi teratas dalam pencarian Google.


Meskipun Google tidak bermaksud untuk menghukum ulasan seperti itu dengan alasan kualitas dan masalah konten yang tipis, raksasa mesin pencari itu mengatakan pasti menginginkan situs yang menerbitkan ulasan berkualitas untuk mendapatkan keunggulan karena itulah jenis konten yang diharapkan pengguna saat mencari online.


Google telah meluncurkan Pembaruan Ulasan Produk sejak 2021, dengan yang pertama muncul pada April 2021, diikuti oleh yang lain pada Desember tahun yang sama. Yang terbaru adalah yang ketiga dalam batch ini, dan itu datang dengan beberapa kriteria tambahan untuk peringkat.


Google mengonfirmasi bahwa dua Pembaruan Ulasan Produk terakhir difokuskan untuk memberikan dorongan peringkat ke ulasan berbasis penelitian mendalam yang diterbitkan oleh orang-orang yang menunjukkan keahlian di bidangnya (itu memang MAKAN). Namun, Pembaruan Tinjauan Produk Maret 2022 menambahkan beberapa kriteria lagi untuk dianggap sebagai tinjauan otentik, yang meliputi:


Penggambaran kelebihan atau kekurangan produk dan perbedaannya jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Informasi tangan pertama dari orang-orang yang telah menggunakan produk secara fisik atau digital bersama dengan bukti yang sesuai yang menunjukkan seperti apa dan bagaimana menggunakannya.

Perspektif reviewer tentang produk di luar apa yang sudah disediakan oleh produsen melalui visual, audio, link.

Beri pengguna daftar produk serupa dan jelaskan apa yang membuat produk yang diulas menonjol dari yang lain.

Google mengatakan pembaruan hanya akan memengaruhi permintaan bahasa Inggris, tetapi mereka berencana untuk memperluasnya ke lebih banyak bahasa dalam beberapa hari mendatang.


Inisiatif dari Google ini sekali lagi merupakan bagian dari keseluruhan visi raksasa pencarian untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.


Berbicara tentang peluncuran, dibutuhkan satu atau dua minggu sebelum selesai, dan selama periode ini, situs web (kebanyakan situs afiliasi dan berbasis ulasan) mungkin melihat volatilitas dalam peringkat.


Dipukul oleh pembaruan ulasan produk Google? Berikut adalah daftar periksa untuk membantu Anda melacak apa yang salah.


Periksa apakah produk ditinjau oleh para ahli dengan jejak digital di lapangan.

Apakah Anda memberikan nilai tambah pada ulasan dengan menyertakan pro & kontra yang membantu pengguna membuat keputusan pembelian yang tepat?

Apakah Anda melakukan analisis kuantitatif di mana Anda menempatkan produk di bawah berbagai tes kinerja untuk mengukur kinerjanya?

Apakah Anda membandingkan produk dengan yang sudah tersedia di pasar, dan sudahkah Anda merinci apa yang membuat produk yang Anda ulas unik?

Sudahkah Anda berbicara tentang peningkatan produk yang dilakukan jika dibandingkan dengan versi terakhir?

Apakah Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor utama yang membuat atau menghancurkan kesepakatan?

Apakah Anda menggunakan gambar, video, grafik, atau bukti lain untuk mendukung klaim Anda?

Apakah Anda mencoba mempromosikan satu penjual secara berlebihan? Jika demikian, coba berikan lebih banyak opsi pembelian kepada pengguna.

Ikuti kami di Google News