Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Pendukung Argentina berduyun-duyun ke Qatar untuk menyaksikan final Piala Dunia

Sabtu, 17 Desember 2022 | Desember 17, 2022 WIB Last Updated 2023-01-01T05:13:59Z
    Share


detakom.blogspot.com - Dari negara penggila sepak bola yang terkenal dengan pemain kelas dunia dan krisis ekonomi yang berulang, penggemar Argentina membuat pengorbanan besar untuk berada di Qatar untuk melihat tim mereka mencoba memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya. dalam 36 tahun.


Bersemangat dan ramai euforia di Doha telah tumbuh dengan irama "Muchachos" - lagu tidak resmi para penggemar setiap kemenangan Lionel Messi dan timnya, menjelang final hari Minggu melawan juara bertahan Prancis.

Di sudut bazar Souq Waqif di ibu kota, penduduk setempat dan turis berkumpul di sekitar seorang wanita muda berbaju kaus bergaris-garis biru-putih Argentina yang sedang menyulap bola dengan kakinya. Dalam spanduk tulisan tangan dalam bahasa Inggris dan Arab, dia meminta tiket ke final Piala Dunia di Stadion Lusail. Orang yang lewat meninggalkan uang receh di atas topi yang diletakkan di tanah.

Sepak bola bagi saya adalah segalanya,” kata Belen Godoy yang berusia 24 tahun, yang telah berada di Doha selama sebulan dan menghadiri hampir setiap pertandingan Argentina dengan membeli tiket yang dijual kembali.

Saya meninggalkan keluarga saya. Saya menghabiskan semua tabungan saya, ”katanya. "Saya akan kembali ke Buenos Aires dan saya tidak tahu bagaimana saya akan membayar sewa ... tetapi tidak ada yang bisa mengambil apa yang telah saya jalani."
Di dekatnya, Cristian Machinelli berjalan di sepanjang salah satu gang berkelok-kelok dari bazar labirin yang ditutupi bendera Argentina yang dihiasi gambar Messi dan mendiang legenda sepak bola Diego Maradona sedang mencium trofi Piala Dunia.
Maradona memimpin tim meraih gelar Piala Dunia terakhirnya, pada tahun 1986.

“Saya menjual truk Toyota untuk ini,” kata Machinelli yang berusia 34 tahun. “Itu yang telah saya habiskan di sini sejauh ini, dan saya punya cukup uang untuk membeli tiket ke final. Tidak ada penjelasan, tidak ada alasan, kecuali bahwa kami orang Argentina hanya tergila-gila dengan sepak bola, dan kami akan melakukan kegilaan apa pun untuk mendukung (tim).”

Tidak ada angka resmi tentang berapa banyak penggemar Argentina yang telah melakukan perjalanan ke Qatar. Namun, tidak semuanya berasal dari Argentina, banyak yang tinggal di Eropa dan Amerika Serikat.

Meski tidak selalu menjadi mayoritas di tribun, semangat suporter selama pertandingan - nyanyian diiringi genderang - sepertinya membantu tim mereka di saat-saat genting.

“Saat kami kalah melawan Arab Saudi (di game pertama), orang-orang mendukung kami. Kami merasakan dukungan semua orang dan itu tidak ada bandingannya,” kata pelatih Argentina Lionel Scaloni. “Kita semua mencari sisi yang sama. Kita semua menginginkan kebaikan bersama — kita semua adalah penggemar langit biru dan putih.”

Penggemar Argentina Julián Santander menghadiri pertandingan pertama melawan Arab Saudi di Stadion Lusail dengan mengenakan seragam tim. Teman-temannya mengatakan dia telah membawa keberuntungan bagi tim.

“Saya pergi melihat Spanyol melawan Kosta Rika. Saya memiliki jersey Spanyol karena keluarga Spanyol saya, dan mereka akhirnya menang 7-0. Seorang teman mengatakan kepada saya untuk meninggalkannya di Argentina,” kata Santander yang berusia 23 tahun.

Sejak itu, dia mendukung Messi and Co. sambil mengenakan seragam merah tim nasional Spanyol.

Setelah kekalahan pertama, ayah Santander, Osvaldo, juga mengganti pakaiannya untuk pertandingan krusial Argentina melawan Meksiko. Ia mengenakan replika kaos hitam yang dikenakan salah satu kiper Argentina saat Piala Dunia 2014.

Saya sedang berduka,” kata Osvaldo Santander yang berusia 57 tahun. “Kami mengorbankan pekerjaan, studi, hidup, begitu banyak untuk hasrat kami dan mereka mengirim kami pulang. Segalanya berbalik dan sekarang kita hanya tiga hari dari momen yang entah bagaimana hasilnya nanti.

Mencapai final Piala Dunia membawa kelegaan yang sangat dibutuhkan bagi negara yang terperosok dalam krisis ekonomi yang parah dengan salah satu tingkat inflasi tertinggi di dunia dan tingkat kemiskinan yang terus meningkat.

Tiket pesawat dan pertandingan sangat mahal. Kami telah melakukan banyak upaya untuk berada di sini,” kata penggemar Argentina Viviana Rodríguez. “Argentina sedang mengalami masa sulit secara politik dan ekonomi. Semuanya 10 kali lebih mahal.”

Rodríguez yang berusia 53 tahun dan putranya, Lautaro Longhi yang berusia 20 tahun, bergabung dalam demonstrasi di Doha untuk meminta harga tiket yang adil dari FIFA untuk final karena opsi penjualan kembali dijual beberapa kali lipat dari nilai nominalnya.

Mereka meminta tiket yang setara dengan mobil baru. Ini keberuntungan, ”kata Longhi, khawatir dia akan melewatkan menonton Messi mengangkat trofi.
Intinya, setiap suporter Argentina di Qatar merasa sama pentingnya dengan 11 pemain di lapangan.

“Ini akan menjadi cara yang baik untuk menutup kehidupan, meskipun saya tidak ingin menjadi apokaliptik,” kata Osvaldo Santander. “Sebagai seorang penggemar, saya telah melakukan semua yang harus saya lakukan — saya bepergian, saya meninggalkan orang yang saya cintai, saya menghabiskan banyak uang, saya berjuang untuk mendapatkan tiket. Untuk itulah kami di sini.”

Ikuti kami di Google News